About Me

Kamis, 28 April 2011

3 Cara untuk memastikan apakah antivirus asli atau gadungan

Produk-produk anti-malware (antivirus) palsu/gadungan adalah jenis malware yang perkembangannya sangat cepat. Website Sunbelt Software mencatat lebih dari 760 anti-malware telah ditemukan selama empat tahun terakhir ini.

Kita tidak akan kesulitan mengenali produk-produk antivirus/antispyware gadungan ini, karena umumnya mereka memiliki nama-nama yang terkesan 'wah', seperti: “CoreGuard Antivirus 2009,” “Malware Catcher 2009,” dan “Fast Antivirus 2009.”

Biasanya antivirus gadungan ini kita dapatkan melalui download langsung atau 'numpang' dalam program lain dan setelah berada di komputer kita maka tugasnya sekarang adalah memberitahukan kepada korban bahwa komputernya sudah terinfeksi oleh virus. Korban akan mendapatkan sebuah jendela pop up muncul di layar komputernya dengan pesan seperti: “YOUR COMPUTER IS INFECTED!”. Jendela pop up ini pun menuntun korban agar men-scan komputernya untuk memastikan tidak ada malware/virus yang menginfeksi, selain itu juga nanti akan dituntun untuk membeli produk antivirus mereka dengan mengarahkan kepada satu link website.

Jangan khawatir karena si pembuat produk antivirus gadungan ini hanya menakuti saja. Jika si korban memenuhi keinginan si pembuat antivirus gadungan maka sesungguhnya yang dia beli hanyalah produk sampah -- bukan antivirus sungguhan. Dan yang lebih parah adalah ketika si korban putuskan untuk membeli antivirus gadungan tersebut dengan menggunakan kartu kredit maka informasi kartu kreditnya bisa ia jual di pasar gelap internet.

Buat pengguna komputer rumahan mungkin agak kesulitan untuk membedakan mana antivirus asli dan mana antivirus gadungan.

Sebenarnya kita tidak mengalami kesulitan untuk membedakan mana antivirus asli dan mana antivirus palsu, 3 langkah di bawah ini dapat memberikan kita pengetahuan untuk membedakannya.




1. Mengetahui daftar antivirus gadungan

Salah satu website yang dapat kita jadikan untuk mencari informasi tentang suatu antivirus gadungan adalah http://rogueantispyware.blogspot.com/. Di blog ini dijelaskan dengan rinci daftar-daftar antivirus gadungan beserta penjelasannya.



2. Mencarinya lewat website yang memberikan informasi tentang produk antivirus resmi

Untuk memastikan apakah sebuah antivirus benar-benar resmi atau tidak maka kita dapat mencari perusahaan pembuatnya. Berikut ini daftar produk antivirus resmi beserta nama perusahaannya yang diambil dari website virustotal.



AhnLab (V3)
Antiy Labs (Antiy-AVL)
Aladdin (eSafe)
ALWIL (Avast! Antivirus)
Authentium (Command Antivirus)
AVG Technologies (AVG)
Avira (AntiVir)
Cat Computer Services (Quick Heal)
ClamAV (ClamAV)
Comodo (Comodo)
CA Inc. (Vet)
Doctor Web, Ltd. (DrWeb)
Emsi Software GmbH (a-squared)
Eset Software (ESET NOD32)
Fortinet (Fortinet)
FRISK Software (F-Prot)
F-Secure (F-Secure)
G DATA Software (GData)
Hacksoft (The Hacker)
Hauri (ViRobot)
Ikarus Software (Ikarus)
INCA Internet (nProtect)
K7 Computing (K7AntiVirus)
Kaspersky Lab (AVP)
McAfee (VirusScan)
Microsoft (Malware Protection)
Norman (Norman Antivirus)
Panda Security (Panda Platinum)
PC Tools (PCTools)
Prevx (Prevx1)
Rising Antivirus (Rising)
Secure Computing (SecureWeb)
BitDefender GmbH (BitDefender)
Sophos (SAV)
Sunbelt Software (Antivirus)
Symantec (Norton Antivirus)
VirusBlokAda (VBA32)
Trend Micro (TrendMicro)
VirusBuster (VirusBuster)
Selain itu juga ada perusahaan khusus yang memberikan sertifikasi atas produk antivirus, seperti http://www.westcoastlabs.org/. Kita bisa temukan sertifikat dari pembuat antivirus di sana.



3. Mencari informasi di internet

Cara ini merupakan cara konvensional namun efektif untuk mengetahui suatu produk antivirus asli atau palsu. Cukup ketikkan produk antivirus palsu yang membuat kita ragu, misalkan: "Malware Catcher 2009" dan tidak lama kemudian akan muncul banyak informasi tentang antivirus palsu ini.

0 komentar:

Time Ambon City

Translator


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Silakan Follow di sini ya
 

Postingan Populer

Copyright© 2011 Computer_Nyonk Ambon | Template Blogger Designer by : Jack' |
Template Name | Nyonk Ambon : Version 1.0 | Ambon City